Beranda Kesehatan 16 ABK KMP Awu Terjangkit Covid-19, Sisanya 74 ABK Diisolasi di dalam...

16 ABK KMP Awu Terjangkit Covid-19, Sisanya 74 ABK Diisolasi di dalam Kapal

Surabaya, Suryanews.co.id – Sebanyak 16 orang di antara 90 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Penumpang (KMP) Awu milik PT Pelni, yang sedang docking di PT PAL Surabaya, dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim menjelaskan, keberadaan 16 ABK terjangkit Covid-19 ini diketahui setelah BUMN pelayaran itu meminta semua ABK di kapal miliknya menjalani rapid test.

“Setelah rapid test 16 ABK reaktif. Sudah dilakukan swab, dan hasilnya positif Covid-19,” ujarnya dalam konferensi pers pemutakhiran kasus Covid-19 di Jatim, di Grahadi, Minggu (17/5/2020) malam.

Nyono mengatakan, 16 ABK KMP Awu menjalani swab tes PCR di Rumah Sakit PHC Surabaya milik Pelindo III. Saat ini, seluruh ABK itu harus menjalani perawatan isolasi di rumah sakit itu.

Sementara, untuk 74 ABK lainnya yang dinyatakan negatif rapid tes, Nyono mengatakan, pihak perusahaan meminta mereka menjalani karantina mandiri di dalam kapal di tengah laut.

“Karena sesuai SOP KKP, kapal yang sandar itu tidak boleh ditinggal. Harus ada yang menjaga, maka 74 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di dalam kapal di zona karantina,” ujarnya.

Posisi kapal saat ini berada di zona karantina antara buih 2 dan 3 pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Para ABK harus menjalani isolasi selama 14 hari masa inkubasi untuk memastikan kesehatannya.

Soal dari mana para ABK ini tertular? Nyono mengaku tidak tahu. Kohar Hari Santoso Ketua Gugus Tracing Covid-19 yang hadir dalam konferensi pers itu juga tidak menjelaskan apapun tentang hasil tracing.

“Sementara ini belum kami konfirmasi dari mana kapal ini. Yang jelas kapal ini sudah docking di PT PAL sejak semingguan lalu. Lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan ke Syahbandar,” katanya.(SS/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Wali Kota Batam Kukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Lembata

BATAM, Surya News - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengukuhkan pengurus Kerukunan Keluarga Lembata (Kekal) Batam periode 2020-2024 di Hotel Aston, Minggu (7/3/2021). Dalam...

Breaking News : LSM BPKPPD Kepri Bersama Bright PLN Batam Sepakat Mengajukan Legal Opinion Kepada Kajati Kepri

  BATAM, Surya News - Berdasarkan kesepakatan antara LSM BPKPPD Kepri dan pihak Bright PLN Batam agar membawa masalah TV kabel ke Ranah Hukum. Selanjutnya mengajukan...

Usai Divaksin Covid-19, Rudi: Semoga Ekonomi Batam Pulih

  BATAM, Surya News - Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam disuntik vaksin Covid-19, Kamis (4/3/2021). Usai divaksin, Rudi langsung menuju Kantor Wali...

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...