Beranda Uncategorized 60 Juta Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Telah Disalurkan Desa Sogo Babat

60 Juta Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Telah Disalurkan Desa Sogo Babat

Lamongan, SURYANEWS.CO.ID  — Akhirnya Bantuan Langsung Tunai(BLT) Dana Desa telah cair di wilayah Babat. Keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 di desa-desa mendapatkan penyaluran Rp 600 ribu perbulan,

Salah satu desa yang menyalurkan adalah Pemerintah Desa Sogo Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, dari dana desa sebesar Rp 60 juta disalurkan kepada 100 keluarga miskin senilai Rp 600.000 per keluarga dibulan kedua ini

H. Sriyanto ,  kepala desa, di dampingi camat Babat Ir. Mulkan MM membagikan kepada  keluarga miskin .

“Anggaran Dana Desa tahun ini, memang instruksi Kemendes, sebagian dialihkan untuk penanganan Covid-19, bentuknya harus bantuan langsung tunai. Bukan kali ini saja, melainkan BLT Dana Desa akan dilakukan setiap bulannya selama tiga bulan kedepan,” ujarnya.

“Dengan cara yang diatur sedemikian untuk menghindari kerumunan warga serta mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sengaja, saya atur demikian,” imbuhnya.
.

Sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6/2020, prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dialihkan menjadi untuk Desa Tanggap Covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD),dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

BLT Dana Desa berjumlah Rp 600 ribu perkeluarga miskin, yang dibayarkan osetiap bulan dimulai dari April hingga Juni 2020. Penyalurkan sejauh mungkin diselenggarakan secara nontunai agar akuntabilitas terjaga. Namun pada wilayah yang jauh dari akses perbankan dapat disalurkan secara tunai dengan transparan.

Diperkirakan sekitar Rp 22 triliun dana desa tersalur kepada12 juta keluarga miskin di desa, yang terdampak pandemi Covid-19. Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya.(red)

Adminhttp://suyanews.co.id
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read