Aksi Sosial Donor Darah Karang Taruna Tunas Bhakti Meluwur Glagah Lamongan Untuk Peringati HUT RI Ke 77

0
381

Lamongan, SURYANEWS – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI KE-77 , Karang Taruna “Tunas Bhakti” desa Meluwur kecamatan Glagah kabupaten Lamongan adakan berbagai macam kegiatan lomba, diantaranya : Futsal, Sholawatan, Voli, Fashion Show, Senam Sehat Bersama, Tarik Tambang antar desa se Kabupaten gresik-Lamongan, dan Donor Darah .

Dalam Kegiatan Donor Darah ini Karang Taruna Tunas Bhakti Desa Meluwur bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Lamongan, kegiatan kemanusiaan donor darah diselenggarakan di Balai Desa Meluwur Glagah Lamongan. Minggu (21/8)

Ketua karang Taruna “Tunas Bhakti” Abdul Hakim mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan sosial untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah dimana stok darah sangat terbatas sedangkan kebutuhan darah di rumah sakit cenderung meningkat dan sangat dibutuhkan oleh pasien yang membutuhkan.

Momen kegiatan kemanusiaan donor darah di hari kemerdekaan ini merupakan momen yang tepat dimana makna dari kemerdekaan yang ke 77 tahun ini yakni Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, karena setetes darah anda akan sangat bermanfaat sekaligus bisa menyelamatkan nyawa bagi pasien yang membutuhkan, ujar Hakim dengan semangat.

Ketua karang taruna yang ramah ini juga menambahkan, “manfaat dari donor darah bisa memastikan golongan darah dan akan memperbaruhi darah baru bagi peserta donor darah”

Sedangkan sebelum pelaksanan donor darah pihak PMI Lamongan juga akan melaksanakan beberapa prosedur pemeriksaan terhadap calon pendonor seperti menjalani pemeriksaan kesehatan, pengecekan kadar hemoglobin (Hb), tekanan darah serta menerapkan protokol kesehatan atau bermasker,

Peserta juga harus memenuhi persyaratan seperti sehat jasmani, memiliki tekanan darah dalam batas 100-170 mmHg, diastolik 70-100 mmHg dan memiliki kadar Hb normal yaitu 12,5-17,0 g%.

Apresiasi juga disampaikan oleh bapak Camat Glagah dan Abdul Muid selaku Kepala Desa Meluwur kepada pemuda pemudi Karang Taruna “Tunas Bhakti” yang sukses dalam pelaksanaan Kegiatan Sosial Donor Darah.

Tdak kurang sebanyak 35 kantong darah yang diperoleh, selama kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan donor darah ini diikuti oleh Forkopimcam beserta jajaran Polsek, Koramil perangkat kecamatan, dan juga ada warga dari perguruan silat PSHT Glagah serta Masyarakat simpatisan desa Meluwur dan banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

“Besar harapan saya untuk agenda HUT Kemerdekaan di tahun mendatang akan jauh lebih sempurna bermanfaat dan bermartabat bagi masyarakat” pungkas Hakim (Adv/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here