Beranda Berita daerah Allhamdullilah Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Di Batam Berlangsung Sukses

Allhamdullilah Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Di Batam Berlangsung Sukses

 

BATAM, Surya News – Vaksinasi Covid-19 dosis kedua sudah disuntikan. Secara simbolis, vaksin diberikan kepada pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengusaha di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (29/1/2021).

Secara resmi, vaksinasi Covid-19 dosis kedua dibuka Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Dalam kesempatan itu, Rudi meminta semua yang sudah mendapat vaksin untuk mentransfer pengalaman usai divaksin. Ia bersyukur selama program vaksinasi, tidak ditemukan kendala apapun.

“Vaksinasi terus digencarkan, rencana April-Juni akan dilaksanakan vaksinasi tahap II,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kinerja tenaga medis yang terus membantu menangani Covid-19 di Batam. Ia berharap, dengan program vaksinasi tersebut, persoalan Covid-19 akan selesai dan perekonomian Batam kembali bangkit.

“Kita juga menyurati Pemprov Kepri agar semua vaksin agar segera disalurkan supaya dapat segera disuntikkan,” kata dia.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, dari total 6.687 sasaran vaksinasi, jumlah yang sudah divaksin hanya 2.598 orang dan 235 orang ditunda. Dari data yang sama, tenaga kesehatan yang tidak diberikan sebanyak 310 orang serta 3.544 orang yang belum divaksin.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, melaporkan hingga pemberian vaksin dosis kedua, tidak ditemukan efek samping vaksin yang berarti. Ia mengaku, Batam kini memiliki alat pengukur antibodi sebagai langkah mengecek efektivitas vaksinasi Covid-19.

“Batam sudah tersedia alat yang mengukur kadar anti bodi. Mengukurnya satu bulan setelah hari ini yang difasilitasi Prodia,” ujarnya.

Didi menjelaskan, pengukuran kadar antibodi jika mencapai 250, artinya sudah mendapat perlindungan 70 persen. Jika terinfeksi Covid-19, orang yang sudah divaksin, maka gejalanya sangat ringan.

“Vaksin dosis kedua ini menambah kadar antibodi. Vaksinasi dosis pertama hanya tahan 3-6 bulan, setelah dosis kedua bisa sampai 1 tahun,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, beberapa pejabat yang disuntik vaksin di antaranya; Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid, serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengusaha.

Sumber : Media center
(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...