Beranda Ekonomi Bagaimana Nasib Pedagang Makanan? Ketika PSBB Surabaya Raya Diterapkan

Bagaimana Nasib Pedagang Makanan? Ketika PSBB Surabaya Raya Diterapkan

Surabaya, Suryanews.co.id- Surabaya Raya akan segera menerapkan PSBB. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengingatkan bahwa PSBB bukanlah pelarangan melainkan pembatasan.

“Sebetulnya PSBB itu tidak melarang orang bekerja seperti berjualan makanan. Bahkan pembeli boleh membeli asal tidak makan di tempat, langsung dibawa pulang/take away atau drive thru,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (22/4/2020).

Khofifah menegaskan penerapan PSBB di Surabaya Raya tak membatasi pedagang untuk berjualan. Namun, pedagang yang berjualan mesti menerapkan physical distancing. Seperti hanya melayani take away dan pesan antar.

“Yang kita clear-kan pembatasan sosial tapi bukan pelarangan sosial, maka saat ini peran yang penting adalah peran Satpol PP,” jelas Khofifah.

Mantan Mensos ini menyampaikan pihaknya sudah menyediakan skema bagi para pedagang seperti UKM, agar berjualan secara online saat PSBB. Beberapa start-up aplikasi pemesanan makanan online telah diajak bekerja sama oleh pemprov.

“Satu bulan lalu, Kepala Dinas membantu koneksitas antara penjual UKM supaya bisa melayani penjualan online, jadi untuk memfasilitasi penjualan online satu bulan lalu saya minta kepala dinas, sudah bertemu agar mereka membantu mewadahi penjualan online,” terangnya.

Saat ini Pemprov Jatim juga telah membuka program Lumbung Pangan. Program ini adalah layanan bagi masyarakat terdampak dengan menyediakan bahan pokok harga murah. Program ini bekerja sama dengan pengemudi online yang tak mengangkut penumpang untuk bisa mengantar barang belanjaan di Lumbung Pangan.

“Yang kita siapkan Lumbung Pangannya, kita siapkan drive thru, go send bebas ongkir, go shop ini yang kita siapkan untuk memudahkan akses masyarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga yang dipastikan harganya kebih murah dari harga pasar, karena hari ini tidak mungkin melakukan operasi pasar,” pungkas Khofifah. (Det/Red)

Adminhttp://suyanews.co.id
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read