Beranda Uncategorized Bangkitkan UMKM Gubernur Khofifah Serahkan Sertifikat, Bansos Dan Modal Usaha Di Jombang

Bangkitkan UMKM Gubernur Khofifah Serahkan Sertifikat, Bansos Dan Modal Usaha Di Jombang

 

 

 

Jombang, Surya News – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali melanjutkan safari pembagian bantuan Pemprov Jatim ke 38 Kab/Kota. Kali ini giliran Kabupaten Jombang yang didatangi oleh Gubernur beserta tim instansi vertikal dan OPD pemprov Jatim  dalam rangka menyerahkan berbagai bantuan baik dari pusat maupun provinsi.

Gubernur Khofifah mengatakan melalui berbagai macam jumlah dan jenis bantuan yang diberikan berharap agar bisa memberikan multiplier effect dan mendongkrak geliat UMKM bagi perekonomian masyarakat Jombang.

BAntuan yang diberikan diantaranya BLT-DD,  Bantuan BKK Pemberdayaan BUMDES, Kredit Pemulihan Ekonomi Nasional, Hibah Banpres Produktif Usaha Mikro, Bantuan subsidi upah/ gaji,  hingga bantuan KUR dari berbagai perbankan Himbara  termasuk Bank Jatim. “Kita melihat kalau ini bisa disinergikan, maka multiplier effectnya bagi masyarakat Jombang tentu akan signifikan,” kayanya.

Lebih lanjut, orang nomor satu Jatim ini juga mengatakan bahwa perlu ada sinergitas yang baik antar instansi vertikal utamanya Perbankan, maka kami bersama instansi vertikal kunjungan keliling kabupaten/ kota. “Oleh karena itu berbagai instansi vertikal kita  sinergikan, karena pada dasarnya mereka memiliki program-program yang strategis,” imbuh Gubernur Khofifah.

Ditambah dengan adanya Bantuan Subsidi Upah dan  Gaji dari BPJS Ketenagakerjaan dirinya meyakini bisa memberikan stimulus bagi geliat perekonomian rakyat. “Melalui semua bantuan ini diharapkan akan menstimulir perekonomian masyarakat berseiring dengan tetap terkendalinya Covid-19 di Jawa Timur,” lanjutnya.

Dalam acara tersebut diserahkan total 4.005 buah Sertifikat Hak Atas Tanah yang merupakan program strategis nasional. Dalam hal ini Gubernur Khofifah menyerahkan secara simbolis kepada Pemkab Jombang, Yayasan Pendidikan Bustanul Ulum Sebani, Perkumpulan Takmir Masjid Baiturahim Ngemplak dan lima orang warga Jombang.

Sementara itu, diberikan pula Bantuan Langsung Tunai Dana Desa secara simbolis kepada lima orang warga, Bantuan Masker Pendamping Desa kepada saudara Maghfury TA-PP serta Bantua Sosi Beras kepasa lima orang KPM PKH asal Jombang.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan BKK Pemberdayaan BUMDES masing-masing Rp 50 jt kepada BUMDesa Sari Arta Desa Pulosari Kec. Bareng, BUMDesa Loh Jinawi Desa Galengdowo Kec. Wonosalam dan BUMDesa Jaya Mahe Desa Bulurejo Kec. Diwek.

Selain bantuan sosial, pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan kredit kepada UMKM dari perbankan. Dari Bank Jatim, diserahkan bantuan Kredit Dagulir kepada tiga orang, masing-masing Rp 50 jt, Bantuan Kredit PEN kepada dua orang, masing-masing Rp 350 jt dan Rp 500 jt dan Bantuan Kredit PKPJ kepada empat orang dengan rincian, tiga orang masing-masing Rp 50jt dan satu orang senilai Rp 35 jt.

Bantuan kedua dari Bank UMKM berupa Kredit Dagulir kepada tiga orang masing-masing Rp 100 jt. Kemudian Banpres Produktif Usaha Mikro senilai masing-masing Rp 2,4 jt kepada lima orang. Kemudian Bantuan KUR dari Bank BNI kepada saudara Damis (KUR Peternak) Rp150 jt, M. Taufiqulloh (KUR Mikro) Rp 50jt, Tatag Satria Pandita (KUR Tebu) Rp 170jt dan M. Dhunur Roin (KUR Mikro Agen BPNT) Rp. 50 jt.

Bantuan lainnya juga diserahkan dari Bank BNI dan BRI  yang terdiri dari Bantuan PEN senilai Rp 300 jt kepadan Yayuk Indah Winarsih, Bantuan BPUM masing-masing Rp 2,4 jt kepada lima orang.

Sedangkan bantuan terakhir yaitu Bantuan Subsidi Upah BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada lima orang karyawan dan tiga orang ahli waris penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan masing-masing Rp 42 jt. (Rep/Redaksi)*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...

Edy Susilo : BPKPPD Kepri Minta PLN Batam Dan Aparat Tegas Memutus TV Kabel Di Tiang Listrik Milik Negara

Batam |Suryanews- Puluhan Lrmbaga Swadaya Masyarakat surati Kepolresta Barelang, Bright PLN, Kejakdaan dan Kominfo terkait pemamfaatan tiang listrik PLN Batam oleh pengusaha TV Kabel...

Bersama Wujudkan Kepri Yang Lebih Maju

  BATAM, Surya News - Wali Kota Batam Muhammad Rudi menghadiri silaturahmi dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi di...