Bojonegoro Yang ” Baik Baik Saja”

0
194

Suryanews Bojonegoro-Ungkapan ini kiranya bukan sesuatu yang mengada – ada atau sebuah sanjungan kepada pemkab Bojonegoro tetapi sebuah ungkapan yang kiranya cocok dan pas di sampaikan kepada kabupaten bojonegoro yang sedang giat giatnyanya membangun.

Data Resmi pemkab Bojonegoro

 

Kami melihat ada perbedaan data yang di keluarkan oleh BPS yang di rilis ” jawa timur dalam angka 2022 ” dengan data yang di rilis oleh website resmi pemkab Bojonegoro dalam data.bojonegorokab.go.id
dalam website pemkab tersebut terlihat bahwa hampir semua indikator mengalami tren positip baik PDRB dengan migas, PDRB tanpa migas, angka kemiskinan, dan hanya Tingkat Pengangguran Terbuka ( TPT ) yang terlihat mengalami staqnasi.
Nah sekarang manakah di antara data tersebut yang benar ??? Tentu analisa kami tidak dalam rangka meberikan pembenaran dari 2 data tersebut, dan masing maaing orang boleh – boleh saja mempercayai salah satu di antara 2 data yang berbeda tersebut, tergantung sudut pandang mana kita melihatnya.
kenapa kami sebut demikian kemungkinan besar BPS saat sensus atau penelitian dilakukan di awal tahun 2021, padahal progres penyerapan dan pekerjaan APBD kabupaten Bojonegoro baru di lakukan pertengahan tahun, apalagi guncangan covid 19 varian delta kemarin cukup membuat kepanikan yang luar bisa.
Sedangkan sensus atau pendataan yang dilakukan oleh pemkab bisa jadi di lakukan akhir tahun 2021 atau awal thn 2022 maka tentu akan ada perbedaan data yang cukup mencolok di antara keduanya.

Sebenarnya sebagai orang awam kami melihatnya simple apakah pertumbuhan ekonomi masyarakat bojonegoro baik atau tdk baik maka kami cukup melihatnya dari toko toko swalayan, mini market kalau pengunjungnya ramai brarti ekonomi masyarakat baik, atau pasar pasar tradisional di kota maupun kecamatan kecamatan kalau jual beli berjalan lancar maka itu tanda ekonomi baik, saya  setiap lewat jalan veteran dan jalan pemuda bojonegoro parkir swalayannya selalu penuh.
Lebih – lebih jika pendapatan asli daerah kabupaten Bojonegoro dari sisi pajak daerah dan retribusi daerah melampaui target dari estimasi awal, maka bisa kita simpulkan bahwa ekonomi bojonegoro baik – baik saja karena pajak daerah dan retribusi daerah juga fariabelnya salah satu sumbangannya adalah dari restoran, rumah makan dan hotel yang ada di kabupaten bojonegoro.

Tentu untuk membandingkan kabupaten Bojonegoro tidak tepat kiranya dengan membandingkan dengan kota madya atau kabupaten yang masuk penyangga kota surabaya.

Kami lihat fakta di lapangan bahwa kondisi jalan sudah  sangat baik, kondisi jembatan juga baik tentu ini akan sangat membantu kelancaran transportasi dan dapat mengungkit perekonomian masyarakat.
Di saat kabupaten lain tidak  bisa maksimal melaksanakan proses pembangunan didaerahnya karena covid 19 karena harus melakukan refokusing anggran untuk covid 19, kabupaten Bojonegoro tetap maksimal dalam pembangunan dan itu bisa kita lihat dari sirkulasi di LPSE dan kondisi di lapangan baik di desa maupun di kota.
Dari sisi kesehatan mungkin kabupaten Bojonegoro satu satunya kabupaten yang UHC ( Universal Heath Coverece ) artinya semua penduduk Bojonegoro yang ber KTP Bojonegoro terdaftar sebagai anggota BPJS di mana preminya di bayar oleh pemkab data yang kami lihat sekitar 200 Milyard pertahun, ini kami kira luar biasa.

Dari sisi perbantuan bagi petani bisa kita lihat anggaran untuk KPM mulai tahun 2019, 2020, 2021 dan 2022 jumlahnya tidak sedikit bahkan di tahun 2022 sekitat 100 M untuk membantu pupuk dan benih gratis bagi petani
Dari sisi pendidikan anggaran beasiswa ada beberapa model, beasiswa saintist, beasiswa warga kurang mampu dan beasiswa 1 desa 1 sarjana, dan untuk GTT dan PTT pun mendapatkan honor yang cukup layak dan tentu ini tdk bisa di tiru kabupaten lain.
Bahkan di tahun 2021 jumlah RTLH begitu besar di anggarkan dan di tahun 2022 juga semakin besar anggaran untuk membangun rumah warga yang tidak layak huni.
Untuk membantu pedagang kecilpun di berikan kridit dengan bunga yang sangat kecil sebesar 20 M dan bahkan di tahun 2022 bunga bank untuk pelaku UMKM di subsidi oleh pemerintah kabupaten bojonegoro
Dalam rangka membangun daerah2 terpencilpun di alokasikan anggaran cukup besar di mana bekerja sama dengan Kodim.
Barangkali juga kita ketahui bersama mungkin hanya kabupaten Bojonegoro yang memberikan BKD kepada desa dengan jumlah besar dalam rangka untuk mengatasi permasalahan infrastruktur di desa.

Kami kira pemkab bojonegoro sudah on the track dan kabupaten bojonegoro sedang baik – baik saja dan bahkan semakin energik dan produktip
Adapun kritik serta saran dari masyarakat adalah masukan yang membangun adalah baik dan sangat diperlukan oleh pemkab dalam rangka untuk semakin melecut untuk giat dalam bekerja dan untuk kemajuan kabupaten Bojonegoro yang kita cintai ini.

Penulis
Edi Susilo, S. Sos
Ketua FKMB(Forum kedaulatan masyarakat Bojonegoro)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here