Beranda Berita daerah Desa Sumberagung Modo Lamongan Bayarkan Upah Padat Karya Tunai Pada Warganya

Desa Sumberagung Modo Lamongan Bayarkan Upah Padat Karya Tunai Pada Warganya

Lamongan, SURYANEWS – Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selain melalui Dana Desa, pembangunan desa diharapkan dapat lebih cepat menyelesaikan persoalan-persoalan di desa terutama yang terkait dengan kemiskinan, stunting, pengangguran. Untuk itu, pelaksanaan program padat karya tunai di desa diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi angka gizi buruk, mengurangi kemiskinan, menggerakkan ekonomi desa, serta mengembangkan kawasan pedesaan.

Pelaksanaan program padat karya diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke perdesaan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan.

Dari tujuan yang mulia tersebut desa Sumberagung Kecamatan Modo kabupaten Lamongan telah membayarkan upah kepada 52 orang warganya yang terlibat dalam program padat karya tunai pembuatan saluran irigasi di desanya

Penyaluran pembayaran tersebut dilakukan di lokasi padat karya tunai JUT Pulo 1 dan JUT Pulo 2 secara tunai. Jumat (31/12). Hal ini juga mementahkan rumor sebelumnya seperti digunjingkan oleh sebagian warganya yang mereka duga kalau pekerjaan padat karya tunai oleh kades dan tim pelaksana dijadikan kerja bakti alias mereka tidak dibayar.

Kepala desa Sumberagung Sinto mengatakan tidak benar kalau proyek irigasi di desanya adalah kerja bakti karena upah mereka yang kerja telah dibayarkan kepada 52 orang dan masuk dalam padat karya tunai dari anggaran Dana Desa.

lanjut Sinto mengatakan, “Semoga uang yang diterima warganya bisa berguna dan dimanfaatkan sebaik baiknya” harapnya.

Sementara dari salah satu penerima Simat mengatakan, ” Saya berterima kasih pada desa yang telah beri saya kerja dan sekarang saya terima upahnya” ungkapnya

“lumayan mas buat nambah beli kebutuhan pokok apalagi sekarang barang barang kebutuhan pokok naik semua” pungkas Simat sambil tersenyum.

TOPI RIMBA
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read