Beranda Hukum Di Babat Lamongan Gelar Sidang di Tempat Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Di Babat Lamongan Gelar Sidang di Tempat Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Lamongan, SURYANEWS.CO.ID   – Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar sidang di tempat atau di lokasi pelaksanaan razia bagi pelanggar protokol kesehatan COVID-19 dengan tujuan menyadarkan masyarakat agar patuh menggunakan masker. Untuk pelaksanaan kali ini di sekitar pendopo kelurahan Babat Kabupaten Lamongan.  (16/9/2020)

Pelanggar yang terjaring langsung dilakukan sidang secara formal dengan menghadirkan hakim ketua serta panitera pengganti dari Pengadilan Negeri Lamongan. Seperti yang diungkapkan Kapolsek Babat AKP Ria Anggraini SH. S.Ik, MH (Rabo, 16/9/2020)

“Mulai hari ini penegakan disiplin protokol kesehatan kami lakukan. Sidang ini merupakan pendidikan untuk masyarakat Lamongan, bagi yang tidak memakai masker sanksinya sudah menanti,” kata Ria dalam keterangannya.

Lebih lanjut Hakim Pengadilan Negeri Lamongan  Edy Seroyox SH MH  mengatakan sesuai Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No 2 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Pelindungan Masyarakat.

Selain itu, sesuai peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 53 tahun 2020 pasal 9 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Bagi perseorangan yang melanggar dikenai denda administratif sebesar Rp250 ribu, sedangkan untuk badan usaha dikenai denda mulai dari Rp500 ribu hingga Rp25 juta. Tetapi untuk kali ini dikenakan denda Rp 50.000 atau kurungan badan 3 hari.  Jelasnya.

Sementara itu, dalam apel pasukan sebelum pelaksanaan Kasat Sabhara Polsek Babat AKP Fadhelan berharap dalam  melakukan razia  bisa menyadarkan warga yang belum patuh protokol kesehatan dengan cara humanis kepada anggotanya.

Hal yang sama juga pernah diungkapkan Kapolres Lamongan kemaren saat dalam kegiatan yang sama di Lamongan.  Kapolres Lamongan AKBP Harun mengatakan penertiban disiplin protokol kesehatan tidak hanya dilakukan di area perkotaan, namun juga menyasar wilayah kecamatan hingga tingkat desa.

“Kami pantau secara ketat, kecamatan-kecamatan mana yang minim kesadaran masyarakatnya dan tidak memakai masker. Razia ini kami lakukan, bahkan ke daerah yang jauh dari kota. Jika tidak ada ketegasan seperti ini dikira COVID-19 kan tidak ada,” katanya. (Fattah/Red)

Adminhttp://suyanews.co.id
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read