Beranda Berita daerah Dirgahayu Ke-191 Batam, Rudi Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan di Tengah Keberagaman

Dirgahayu Ke-191 Batam, Rudi Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan di Tengah Keberagaman

 

 

BATAM, Surya News – Upacara peringatan Hari Jadi ke-191 Batam berlangsung meriah di Dataran Engku Putri, Jumat (18/12/2020). Kegiatan itu pula disejalankan pawai budaya dari paguyuban yang ada di Batam.

Upacara tersebut dipimpin langsung Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dihadiri Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam, Sekda Batam, Jefridin Hamid, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam.

Wali Kota Batam menyampaikan, momentum peringatan Hari Jadi Batam kali ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah tetap melaksanakan upacara dan rangkaian kegiatan lain dengan mempertimbangkan protokol kesehatan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Ini menjadi momentum kita bersama menghormati jasa pendiri Kota Batam, para pendahulu yang sudah menjadikan Batam modern hingga saat ini,” ujar Rudi.

Dalam kesempatan itu, Rudi mengajak suluruh masyarakat Batam, bersama melawan Covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Jangan abai, kita ingin Batam bebas dari Covid-19,” kata dia.

Tak hanya itu, Rudi juga meminta masyarakat sama-sama menjaga kerukunan di Batam mengingat daerah ini adalah miniaturnya Indonesia. Ia ingin Batam tetap kompak dan mampu manjaga kesatuan di tengah perbedaan yang ada.

“Ini demi pembangunan daerah ini. Maka, kita harus menjaga kerukunan Batam,” ujarnya.

Di akhir acara, pada peringatan Hari Jadi ke-191 Batam tersebut, ditampilkan 26 paguyuban dengan pakaian adat masing-masing dalam pawai budaya. Selain dari paguyuban, juga tampil dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam dan Lembaga Adat Melayu (LAM).

Masing-masing peserta pawai menampilkan pakaian adat hingga kesenian daerah asal. Seperti dari Banten, saat di depan panggung utama, menampilkan kesenian debus.

Tak hanya dari Banten, daerah lain yang berpartisipasi dalam pawai budaya tersebut yakni Riau, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Aceh, Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tangah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Maluku Utara.

Usai kegiatan, Rudi menyerahkan bantuan masker untuk semua paguyuban dan menyaksikan penyerahan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank bjb kepada Dewan Pendidikan Kota Batam.

Sumber: Kabarbatam
(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...

Edy Susilo : BPKPPD Kepri Minta PLN Batam Dan Aparat Tegas Memutus TV Kabel Di Tiang Listrik Milik Negara

Batam |Suryanews- Puluhan Lrmbaga Swadaya Masyarakat surati Kepolresta Barelang, Bright PLN, Kejakdaan dan Kominfo terkait pemamfaatan tiang listrik PLN Batam oleh pengusaha TV Kabel...

Bersama Wujudkan Kepri Yang Lebih Maju

  BATAM, Surya News - Wali Kota Batam Muhammad Rudi menghadiri silaturahmi dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina Rudi di...