Beranda Peristiwa Dua Kepala Staf TNI Dilantik Jokowi

Dua Kepala Staf TNI Dilantik Jokowi

Jakarta, Suryanews.co.id – Joko Widodo Presiden pada Rabu (20/5/2020) pagi, melantik dua orang Kepala Staf TNI, dalam upacara kenegaraan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Mereka yang dilantik adalah Laksamana Madya TNI Yudho Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), dan Marsekal Madya TNI Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara.

Kemudian, Keputusan Presiden Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi TNI.

Karena masih dalam suasana tanggap darurat wabah Covid-19, upacara pengucapan sumpah jabatan dilaksanakan dengan singkat, dan cuma dihadiri sekitar 10 orang pejabat dari unsur eksekutif, legislatif, yudikatif, petinggi TNI dan Polri.

Sepanjang acara, pejabat yang dilantik, presiden, menteri, dan pimpinan lembaga negara yang hadir memakai masker, serta menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Yudho dan Fadjar.

Sesudah prosesi pengucapan sumpah jabatan dua Kepala Staf TNI, Jokowi Presiden, menteri dan para undangan bergantian memberikan ucapan selamat tanpa bersentuhan fisik, dari jarak sekitar dua meter.

Sekadar informasi, sebelum menjabat KSAL, Yudho Margono mengemban tugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I).

Alumnus Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) angkatan 1988 itu menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun pada Mei 2020.

Sementara itu, Fadjar Prasetyo yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II), menjadi KSAU menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang akan pensiun pada Juni 2020.

Fadjar Prasetyo adalah alumnus Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) 1988 yang mengawali karier sebagai penerbang A-4 Skyhawk di Skuadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin dari tahun 1990 sampai 1995.(Antara/Red)

Adminhttp://suyanews.co.id
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read