Beranda Kesehatan Jatim Terima 2 Unit Mobil PCR Covid-19 Bantuan Dari Pusat

Jatim Terima 2 Unit Mobil PCR Covid-19 Bantuan Dari Pusat

Surabaya, Suryanews.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur siap memanfaatkan mobil tes PCR bantuan dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat yang tiba di Surabaya pada Rabu (27/5/2020). Mobil itu diharapkan mampu mempercepat proses pemeriksaan swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Jatim.

Sebagaimana diketahui, Jawa Timur saat ini menjadi provinsi dengan kasus terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Pada Rabu ini data yang diumumkan Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 di Jakarta menunjukan, kasus positif Covid-19 di Jawa Timur sudah mencapai 4.142 kasus.

Satu unit mobil dilengkapi mesin uji PCR bantuan dari pusat begitu tiba di Surabaya diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Jatim di RS Lapangan COVID-19 Jatim di Jalan Indrapura Surabaya. Roslin Lamtarida Kepala Subdirektorat Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB yang menyerahkan mobil itu.

“Mobil mesin PCR ini diharapkan mampu mempercepat proses pemeriksaan dan lebih efisien dalam mengidentifikasi sampel swab dengan pendekatan PCR untuk dilakukan oleh Gugus Tugas Jawa Timur kepada masyarakat setempat,” kata Roslin.

Bantuan Mobile Combat Covid-19 atau mobil PCR itu adalah bagian dari total dua unit yang akan ditempatkan di provinsi ini. Setiap mobil itu dilengkapi peralatan medis berupa dua unit mesin PCR, dua unit mesin ekstraksi, serta 4.992 buah ekstra kit dan 4.992 PCR kit.

Melalui teknologi yang tersedia dalam mobil mesin PCR itu, proses identifikasi spesimen hasil swab terhadap seseorang di lapangan bisa memunculkan hasil dalam waktu hanya 40 menit. Kecepatan tes ini diharapkan bisa membantu Jatim melakukan tes secara lebih masif.

Dokter Joni Wahyuhadi Ketua Gugus Tugas Kuratif COVID-19 Jawa Timur menyampaikan apresiasinya atas dukungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional terhadap Jawa Timur dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Bumi Majapahit.

“Kami mengapresiasi dukungan Gugus Tugas Nasional dalam memaksimalkan percepatan penanganan Covid-19 di daerah melalui hadirnya mobil mesin PCR lengkap dengan beragam fasilitas yang dibutuhkan,” kata Joni.

Satu lagi unit mobil mesin PCR telah bertolak ke Jawa Timur. Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Covid-19 sendiri yang menginspeksi kesiapan kendaraan itu di Jakarta.

Tidak hanya dua mobil ini, Gugus Tugas Covid-19 Nasional juga berencana untuk menambah sejumlah unit mobil mesin PCR di wilayah Jatim. Rencananya untuk mendukung pelaksanaan uji PCR di Lumajang dan Kota Surabaya (SSnet/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...