Kakorlantas Polri Lepas Tim Operasi Zebra Amankan Libur Panjang

0
345

Jakarta, Surya News – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) dalam rangka operasi zebra pengamanan libur panjang Maulid Nabi.

Apel pelepasan Pamatwil digelar di halaman gedung NTMC Polri, Jakarta, Senin (26/10). Hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam apel tersebut. Apel tersebut juga menerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Istiono menyampaikan dalam operasi zebra kali ini jajaran Polantas akan mengedepankan upaya-upaya humanisme serta mengedukasi kesadaran masyarakat dalam berkendara. Mengingat, tak seperti biasanya, operasi zebra kali ini dalam masa pandemi COVID-19.

“Konsep operasi yang digelar mengedepan upaya-upaya edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat. Ops Zebra dilaksanakan secara simpatik, persuasif, dan humanisme mengingat dalam kondisi pandemi COVID-19,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Istiono menyampaikan pihaknya bekerja sama dengan stakholder terkait seperti Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja, dll agar pengamanan arus lalu lintas libur panjang berjalan aman dan lancar.

Guna mengantisipasi lonjakan arus kendaraan pada libur panjang ini, sejumlah antisipasi telah diskenariokan seperti pengaturan Contra flow, pengaturan buka tutup res area, pengaturan gerbang tol dengan menambah petugas dan pengaturan di kapal penyeberangan.

Operasi zebra kali ini, Korlantas mengerahkan 160.916 personel aparat gabunganuntuk mengamankan libur panjang Maulid Nabi. Adapun rinciannya 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI, dan unsur terkait 42.298 personel.

Selain itu, terdapat 645 Pos Keamanan dan Pos Terpadu yang disiapkan. Pos pengamanan difokuskan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP.

(Redaksi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini