Beranda Kesehatan Kementerian PAN RB:  ASN "Ngantor" Dibatasi Jumlahnya Berdasarkan Zona Risiko Penyebaran Covid-19

Kementerian PAN RB:  ASN “Ngantor” Dibatasi Jumlahnya Berdasarkan Zona Risiko Penyebaran Covid-19

Jakarta, SURYANEWS.CO.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) sudah menerbitkan surat edaran tentang sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di masa tatanan normal baru.

Dalam surat edaran Nomor 67 Tahun 2020 tertanggal 4 September 2020, Menteri PAN RB mengatur persentase kehadiran ASN di kantor, yang dibagi berdasarkan zona risiko penyebaran Covid-19.

Untuk daerah yang penyebarannya terkontrol (zona hijau) maksimal ASN yang bekerja di kantor bisa sampai 100 persen.

Kemudian, untuk daerah dengan risiko penyebaran rendah (zona kuning) maksimal 75 persen, dan daerah risiko penyebaran sedang (zona oranye) maksimal 50 persen.

Sedangkan untuk daerah yang risiko penyebarannya tinggi (zona merah), Menteri PAN RB membatasi paling banyak 25 persen ASN yang bekerja di kantor.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, pembatasan itu bertujuan untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 di klaster perkantoran.

Karena, risiko penyebaran wabah Covid-19 meningkat begitu jumlah pekerja yang masuk kantor melebihi kapasitas, dan tidak bisa menjaga kedisiplinan protokol kesehatan.

“Klaster yang terjadi di perkantoran, kontribusinya pada saat makan siang atau pun ibadah. Makanya harus betul-betul jaga jarak, melepaskan masker hanya untuk makan siang, dan tidak berdekatan dengan sesama pegawai lainnya agar tidak terjadi penularan,” ujarnya di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020).

Lebih lanjut, Dokter Wiku meminta seluruh pemerintah daerah segera menyesuaikan diri dan menerapkan peraturan pembatasan ASN tersebut.(SSnet/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Usai Divaksin Covid-19, Rudi: Semoga Ekonomi Batam Pulih

  BATAM, Surya News - Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam disuntik vaksin Covid-19, Kamis (4/3/2021). Usai divaksin, Rudi langsung menuju Kantor Wali...

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...