Beranda Agama Keutamaan Sholat Tahajud dan Waktu Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan Sholat Tahajud dan Waktu Mustajab untuk Berdoa

SURYANEWS.CO.ID-Keutamaan sholat tahajud bisa kita dapatkan jika mengerjakan dengan rutin dan sungguh-sungguh. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah mengerjakan sholat Isya sampai terbitnya fajar dan sesudah bangun dari tidur, meskipun bangun tidur untuk sholat tahajud hanya sebentar.

Mengenai sholat tahajud, Allah SWT berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 6:

إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Artinya: “Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.”

Allah juga berfirman dalam surat Al-Muzzammil ayat 20:

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللَّهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَنْ لَنْ تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللَّهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Rasulullah SAW juga bersabda: “Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit dari badan.” (HR. Imam Tirmidzi dan Ahmad).

Berikut keutamaan sholat tahajud di sepertiga malam:

1. Membawa ke tempat terpuji dan mulia di sisi-Nya

Inilah salah satu janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat yang terpuji, bagi mereka yang melakukan sholat tahajud dengan tekun dan ikhlas akan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

2. Menghantarkan doa dan harapan.

Sholat tahajud menjadi salah satu media yang mustajab untuk mengantarkan doa-doa tentang kehidupan yang barokah. Tentang impian membangun keluarga yang sakinah dan permohonan akan hadirnya hidayah yang semoga terus mengalir, bisa kita memintanya dengan sholat tahajud.

Sebagaimana tercantum dalam hadits:

“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Seseorang yang tekun sholat tahajud dengan istiqomah akan merasakan kebahagiaan yang mengalir dalam segenap relung raganya. Tahajud juga dapat membuat seseorang lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

4. Menghapus dan pencegah dosa

Sholat tahajud dengan penuh keikhlasan akan menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat. Setiap malamnya kita selalu mengingat Allah, sehingga kita merasa terawasi dan mencegah kita untuk berbuat dosa kembali.

Selain sholat tahajud, Anda juga bisa melaksanakan sholat taubat. Siapa yang melakukan sholat taubat dengan sungguh-sungguh, insyaAllah akan diampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat dan tidak akan mengulanginya lagi.

Waktu mustajab untuk berdoa salah satunya adalah ketika sedang sujud dalam sholat. Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim No. 482).

Itulah beberapa keutamaan dari sholat tahajud yang bisa didapat ketika iklhas dan istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud. (Vira Iffat)

 

Adminhttp://suyanews.co.id
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read