Beranda Peristiwa Khofifah : 5 Syarat yang Harus Dipenuhi Warga Jawa Timur Melaksanakan Sholat...

Khofifah : 5 Syarat yang Harus Dipenuhi Warga Jawa Timur Melaksanakan Sholat Ied

Surabaya, Suryanews, co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memperbolehkan warga Jawa Timur melaksanakan Salat Idul Fitri atau Ied berjamaah di masjid pada Minggu (24/5/2020) nanti.

Namun demikian ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh warga ketika menunaikan salat sunat tersebut. Syarat tersebut sesuai protokol kesehatan.

Pertama, jamaah harus menggunakan masker.

Kedua, pengaturan saf shalat minimal 2 meter.

Ketiga, penyelenggara wajib menyediakan air yang mengalir untuk membasuh tangan beserta sabun.

Keempat, dilakukan pengecekan suhu badan.

Terakhir, khotib dan imam salat mempersingkat khotbah dan bacaan salat.

Syarat tersebut diatur dalam surat edaran yang dikeluarkan Sekretariat Daerah Pemprov Jawa Timur tertanggal 14 Mei 2020, yang ditandatangani Sekdaprov Jawa Timur Heru Tjahjono atas nama Gubernur Jawa Timur.

Dalam SE Nomor 451/7809/012/2020 itu dijelaskan, relaksasi aturan PSBB tersebut merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 tahun 2020 tentang Panduan dan Jaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19

Sekda Provinsi Jawa Timur, Heru Thahjono, membenarkan jika dirinya menandatangani surat edaran tersebut.

“Tidak hanya untuk daerah yang menggelar PSBB, SE (surat edaran) juga berlaku untuk semua masjid yang menggelar Salat Idul Fitri. Pengawasan dilakukan oleh masing-masing pemerintah daerah,” kata Heru di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Di Jawa Timur, ada dua wilayah yang melaksanakan kebijakan PSBB. Pertama, wilayah Surabaya Raya yang mencakup Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik. PSBB di wilayah tersebut merupakan tahap II yang akan berakhir pada 25 Mei 2020.

Kedua, wilayah Malang Raya yang terdiri atas Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu. PSBB di Malang Raya dimulai sejak 17 Mei hingga 30 Mei 2020. (Komp/Red)

Adminhttp://suyanews.co.id
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read