Beranda Politik KPU Tetapkan Paslon Pilkada 2020 Secara Online Hari Ini

KPU Tetapkan Paslon Pilkada 2020 Secara Online Hari Ini

Jakarta,  SURYANEWS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan pasangan calon (paslon) yang akan berkontestasi di Pilkada Serentak 2020 hari ini, Rabu (23/9). Ada 735 bakal pasangan calon di 270 daerah yang telah mendaftarkan diri.

Untuk pilkada kali ini, penetapan paslon dilakukan secara daring lewat situs resmi KPU. Keputusan itu telah disepakati pemerintah dan elite parpol menyusul pelanggaran protokol Covid-19 secara masif di masa pendaftaran.

“Pengumuman paslon pilkada besok (Rabu) dilakukan melalui website KPU dan pengumuman di Kantor KPUD masing masing,” kata Sekjen Partai Nasdem Johnny Plate dilansir dari laman CNNIndonesia.com setelah pertemuan para sekjen parpol dengan Mendagri Tito Karnavian , Selasa (22/9).

Pemerintah dan para petinggi parpol juga sepakat tak ada pengerahan massa ke Kantor KPUD.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, paslon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dipersilakan mengajukan sengketa tata usaha negara pada 23 September-9 November.

Sementara paslon yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) diperbolehkan melanjutkan tahapan. Mereka akan mengikuti pengundian nomor urut pada 24 September.

Lalu paslon tersebut diperbolehkan berkampanye mulai 26 September. Kampanye pilkada kali ini digelar selama 71 hari hingga 5 Desember mendatang.

Selanjutnya, pada 6-8 Desember, masa tenang dimulai. Tak boleh ada satu pihak pun yang melakukan kampanye. Kemudian tepat pada 9 Desember pencoblosan digelar.

Pilkada Serentak 2020 akan menjadi pilkada terbesar dalam sejarah kepemiluan Indonesia. Sekitar 105 juta pemilih di 270 daerah akan memilih kepala daerah masing-masing secara serentak.

Namun pilkada ini digelar saat masa pandemi Covid-19. Belum ada tanda-tanda ada penurunan kasus hingga saat ini. Dalam beberapa hari terakhir tambahan kasus di atas angka 4.000. Itu pun dengan tes massif yang masih di bawah standar.

Karena itu desakan untuk menunda pilkada terus menggema, termasuk dari dua organisasi masyarakat Islam terbesar: Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. (CNN/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...