Beranda Peristiwa Lamongan Terasa "Hot", Ini Penjelasan BMKG

Lamongan Terasa “Hot”, Ini Penjelasan BMKG

Lamongan, SURYANEWS.CO.ID – Teguh Tri Susanto Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Juanda, menjelaskan faktor penyebab suhu di Lamongan dan sekitarnya cenderung lebih panas dari biasanya karena musim kemarau segera berakhir.

Paling tidak sudah dua pekan terakhir ini sudah  dilanda panas menyengat dengan suhu 33-38 derajat celcius bahkan lebih.

Menurut Teguh, fase sekarang masuk dalam transisi perpindahan dari musim kemarau ke musim hujan. Mulai terbentuknya awan menengah. Pembentukan awan menengah ini biasanya mulai muncul pada sore hingga malam hari.

“Awan menengah ini menyebabkan suhu di permukaan akan menjadi lebih sumuk (gerah) atau panas,” ujarnya lewat aplikasi perpesanan singkat,  Jumat (25/9/2020).

Kata Teguh, mulai terbentuknya awan menengah itu dapat memengaruhi pantulan radiasi matahari. Radiasi matahari yang dipantulkan bumi, akan terhalang awan menengah tersebut. Sehingga radiasi matahari tersebut kembali memantul ke bumi, dan membuat cuaca menjadi lebih panas menyengat.

“Karena radiasi matahari yang di bumi akan dipancarkan kembali (ke langit), itu akan kembali lagi ke bumi (kena pantulan awan). Jadi mekanismenya seperti itu,” ujat Teguh.

Kondisi ini, lanjut Teguh, tidak akan berlangsung lama. Sebab, BMKG Juanda memprediksi pada Oktober sudah mulai transisi musim kemarau ke musim penghujan. Kemudian pada November, akan memasuki awal musim penghujan.

“Sebenarnya kita masih memasuki musim penghujan untuk masa transisi itu di bulan Oktober. Awal musim penghujan kalau di wilayah Surabaya, Gresik serta Lamongan dan sekitarnya didominasi November minggu ke dua atau tiga,” ujarnya. ( Tim Redaksi/Fattah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...