Beranda Kesehatan Pemuda Pancasila dan Elemen Masyarakat Sukorame  Kabupaten Lamongan Gelar Kegiatan Donor Darah

Pemuda Pancasila dan Elemen Masyarakat Sukorame  Kabupaten Lamongan Gelar Kegiatan Donor Darah

Lamongan, SURYANEWS.CO.ID – berawal dari keprihatinan karena ketersediaan stok darah di Kabupaten Lamongan Jawa Timur  menipis sementara kebutuhan darah meningkat selama pandemi COVID-19 dan bulan Ramadhan ini,  mendorong Pimpinan Anak  Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Sukorame .

Dalam kegiatan ini juga diikuti beberapa elemen masyarakat Sukorame diantaranya PAC Ansor Sukorame dengan ketuanya Mustajib Junaidi,  PAC Pospera Sukorame ketua Purwanto SH, UPK Jati Suko Asri ketua Mad Sholeh dan  dengan didukung sepenuhnya oleh Pemerintahan  Desa Sukorame  dengan kepala desa Anton Susilo SPd serta juga MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lamongan.

Semuanya berkolaborasi bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia)  turut meringankan beban para pasien yang membutuhkan pasokan darah dengan menggelar kegiatan donor darah secara rutin minimal 2 bulan sekali dan maksimal 3 bulan sekali seperti diungkapkan Andrianto Wicaksono SE ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Lamongan.

Bertempat di Balai desa Sukorame Selasa (4/5/2021). Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 19.30  malam selepas masyarakat melaksanakan sholat tarawih.

Ketua PAC Pemuda Pancasila kecamatan Sukorame mengatakan ” Acara digelar malam karena untuk pengambilan darah pendonor dalam keadaan tidak berpuasa. Ujarnya

Awalnya dihadiri oleh 42 orang peserta namun seiring berjalannya waktu pendonor mulai berdatangan hingga mencapai 90 lebih pendonor, namun hanya sekitar 80 persen dari pendonor yang lolos dari hasil screening dan memenuhi kriteria seleksi pendonor dengan mengutamakan kesehatan pendonor.

“Tema kegiatan ini adalah Pemuda Pancasila Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Kegiatan ini sebagai wujud dari pengamalan Pancasila, Sila ke 2, Butir ke 6, yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan Butir ke 7 nya yaitu gemar melakuk kemanusiaan.  Dan semoga kegiatan ini bisa juga ditiru di daerah lain dengan Pemuda Pancasila sebagai motor penggeraknya”  papar Andrianto.

Di kabupaten Lamongan untuk kebutuhan darah dirasakan sangat minim sekali hingga masyarakat membutuhkan darah diharuskan untuk juga mendonorkan darah dari keluarga pasien. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan stok darah di unit transfusi darah PMI Lamongan

Agus Suyanto ketua unit transfusi darah PMI Lamongan membenarkan tentang hal tersebut. Lebih lanjut Agus juga mengucapkan terima kasih kepada saudara juang Pemuda Pancasila dan Elemen Masyarakat di Sukorame yang peduli dengan keadaan ini hingga mendonorkan darahnya.

TOPI RIMBA
PT Surya Batam Perkasa Lampiran Keputusan MENKUMHAM RI Nomor AHU-0030429.AH.01.01. Tahun 2019 NPWP : 91.900.656.9.225.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read