Beranda Ekonomi Presiden: Industri yang Beroperasi Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Presiden: Industri yang Beroperasi Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Jakarta, Suryanews.co.id – Joko Widodo Presiden menegaskan, kegiatan industri yang masih beroperasi di tengah pandemi Covid-19 wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Maka dari itu, Presiden memerintahkan Menteri Perindustrian memastikan industri-industri yang mendapat izin operasi benar-benar disiplin.

Perintah itu disampaikan Jokowi, dalam rapat kabinet terbatas yang digelar pagi hari ini, Senin (4/5/2020), melalui video konferensi dari Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut Jokowi, sektor industri harus dipantau dengan serius, seperti sejumlah klaster antara lain klaster pekerja migran, klaster jemaah tabligh, klaster Gowa di Sulawesi Selatan, dan klaster pemudik.

“Pemerintah harus memonitor ketat potensi penyebaran di beberapa klaster. Ada klaster pekerja migran, klaster jemaah tablig, klaster Gowa, ada klaster rembesan pemudik, ada klaster industri. Pemerintah juga harus memastikan industri-industri yang diizinkan beroperasi yang mana, harus dicek di lapangan mereka melakukan protokol kesehatan secara ketat atau tidak,” ujarnya.

Seperti diketahui, sektor industri menjadi klaster penyebaran Covid-19 sesudah ada kasus di Pabrik Sampoerna, Rungkut 2, Surabaya, Jawa Timur.

Awalnya, dua orang karyawan di pabrik itu terinfeksi Covid-19 dan meninggal dunia. Lalu, sesudah dilakukan pemeriksaan terhadap ratusan karyawan, sementara diketahui ada 65 kasus positif.

Untuk mencegah penyebaran, PT HM Sampoerna sementara waktu menutup area pabrik dan menghentikan kegiatan produksi (Antara/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Usai Divaksin Covid-19, Rudi: Semoga Ekonomi Batam Pulih

  BATAM, Surya News - Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam disuntik vaksin Covid-19, Kamis (4/3/2021). Usai divaksin, Rudi langsung menuju Kantor Wali...

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...