SEDEKAH BUMI Dusun Jangur DS MEKANDEREJO

0
362

Lamongan, http://SURYANEWS – tradisi sedekah bumi adalah ritual tradisional masyarakat yang populer di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Lamongan adalah salah satu kabupaten yang masih meneruskan tradisi ini. Khususnya di Dusun Jangur Desa Mekanderejo Kecamatan kedungpring.

Merangkum dari berbagai sumber, sedekah bumi, nyadran, manganan atau sebutan lain masyarakat setempat merupakan wujud rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun menurun dari nenek moyang.

Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Yang Mahakuasa. Sedekah bumi juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga.

Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa.di desa kami Desa mekanderejo Dusun jangur setiap tahunnya pasti mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan hiburan pengajian agama.

Pagelaran pengajian agama malam hari dilaksanakan di lingkungan makam Mbah Canggah Punden yang berada di Dusun jangur siangnya disusul dengan agenda pawai drumband dan kuda kepang keliling Dusun jangur sekaligus memperingati HUT RI yang ke 77

Adapun kegiatan tersebut melibatkan semua warga Dusun jangur dan juga elmen pemerintahan desa mulai dari RT, RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama masyarakat berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan menjadi Event tahunan di Desa Mekanderejo Dusun jangur. (dhoni/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here