Beranda Uncategorized Sejumlah Warga Surabaya Tuntut Surat Ijo Jadi SHM

Sejumlah Warga Surabaya Tuntut Surat Ijo Jadi SHM

Surabaya,  SURYANEWS.CO.ID – Sejumlah warga Kota Surabaya melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Surabaya. Mereka menuntut surat ijo menjadi SHM.

Mulanya, mereka menggelar aksi di depan air mancur. Lalu, bergerak menuju pintu masuk Balai Kota Surabaya yang berada di Jalan Sedap Malam. Mereka membawa sejumlah bendera merah putih dan sejumlah poster. Diantaranya ada yang bertuliskan “Bu Risma Tolong Po’o”. Sebagian mereka juga memakai kaos berwarna hijau yang bertuliskan “hapus surat ijo menjadi SHM”.

Saat perwakilan para pendemo diperbolehkan masuk lima orang, beberapa juga ingin masuk sehingga sempat ada aksi saling dorong dengan petugas. Kemudian akhirnya mereka bisa masuk dan membawa dua kotak berisi dokumen yang diserahkan ke perwakilan Pemkot Surabaya.

“Sekarang surat lagi ditangani satu persatu, ada perwakilan di dalam. Sekarang kita lanjut ke DPRD untuk melakukan interpelasi,” teriak orator di atas mobil komando, Senin (24/8/2020).

Taufik Iman Santoso Pembina Komunitas Pejuang Surat Ijo Surabaya mengatakan, dalam aksi ini mereka ingin mengunggah Pemerintah Kota Surabaya. Pemerintah Kota mestinya mensejahterakan masyarakat. Amanat Undang-undang mengenai tanah itu untuk kemakmuran rakyat. Bukan untuk kepentingan pemkot.

“Nah ini adalah tanah negara, jelas pemkot mengajukan tanah negara menjadi HPL (hak pengelola lahan). HPL itu hanya pelimpahan pengelolaan saja, bukan hak milik. Tapi oleh pemkot disewakan, alasannya disewakan. Itu melanggar ketentuan,” lanjut Taufik.

Dalam aksinya ini, Taufik menyampaikan jika pihaknya ingin mendorong Menteri Agraria dan tata ruang (ATR), agar segera mengeluarkan keputusan mengenai pencabutan HPL tersebut.

“Kita juga meminta ke DPR untuk melakukan interpelasi untuk meneliti, apakah aset pemkot ini miliknya. Ternyata dalam simbada pemkot ini dari mana,” kata Taufik. (Ssnet/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...

Polisi Bersenjata Kawal Penyidik KPK Geledah Ruang Kerja Bupati Bintan

BINTAN, Surya News - Penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tak hanya menyasar Kantor Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Wilayah Bintan. Mereka juga menggeledah ruang...