Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Oleh Karang Taruna Tunas Bhakti Meluwur Glagah Lamongan

0
259

Lamongan, SURYANEWS – Memperingati hari Kesaktian Pancasila tiap tanggal 1 Oktober pada kali ini Karang taruna Tunas Bhakti desa Meluwur kecamatan Glagah kabupaten Lamongan adakan upacara dengan cara yang unik. Upacara dilakukan dengan mengenakan pakaian tradisional serta dilaksanakan secara sederhana khidmat serta tertib. Upacara dilakukan di halaman MI Darul Huda Meluwur Glagah. Sabtu, (1/10)

Tepat pukul 07.00 pagi upacara dimulai dengan penghormatan  bendera merah putih  yang telah berkibar satu tiang penuh dan sehari sebelumnya berkibar setengah tiang serta pembacaan teks pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Pembacaan teks Pancasila oleh kepala desa yang juga selaku pembina upacara, Pembacaan UUD 1945 oleh Kepala Sekolah MI Darul Huda, Pembacaan IKRAR Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua BPD, menyanyikan lagu kebangsaan dan wajib nasional oleh paduan suara dari siswa MI Darul Huda, komandan pasukan dari Banser Meluwur, dan setelah selesai upacara giliran  anak anak dari  TK Darul Huda  menampilkan seni Tari jaran Kepang.

Hakim selaku ketua Karang taruna Tunas Bhakti menjelaskan tentang tujuan dilaksanakannya upacara memperingati hari Kesaktian Pancasila adalah sebagai bentuk untuk memperkuat kesetiaan sebagai warga negara agar selalu cinta terhadap pancasila sebagai dasar negara Indonesia, karena merupakan ideologi negara yang harus selalu dijunjung tinggi dan di implementasikan, karena itu dengan memakai baju tradisional pada upacara tersebut untuk menggingatkan kembali kepada kita semua untuk terus menjaga dan melestarikan tradisi budaya sebagai wujud kebhinekaan tunggal ika ujar ketua karang taruna .

Dalam pelaksanaan Upacara ini dihadiri oleh Jajaran koramil Glagah, Pemdes, BPD, LPM, diikuti peserta dari PKK, Guru-siswa TK/MI Darul Huda, Ansor, Banser desa Meluwur .

Apresiasi juga disampaikan oleh Koptu Yusuf Hadi Banbinsa koramil Glagah, Kepala Desa Abdul Muid, Ust. Salim selaku Ketua BPD Meluwur, serta warga yang sangat antusias mengikuti prosesi upacara hingga selesai.

Sementara di tempat yang sama Kopral Satu Yusuf selaku babinsa Meluwur menambahkan keterangan tentang kegiatan ini untuk mengingatkan kembali kepada siswa-siswi TK/MI Darul Huda serta generasi muda dan masyarakat desa untuk selalu ngugemi nilai nilai pancasila serta menumbuhkan semangat sikap penuh toleransi empati, kebersamaan dan gotong royong yang mencerminkan pancasilais ujar Koptu Yusuf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here