Beranda Politik Walhi : Hidup di Normal Baru Pascapandemi Covid-19 Tidak Bisa Egois

Walhi : Hidup di Normal Baru Pascapandemi Covid-19 Tidak Bisa Egois

Jakarta, Suryanews.co.id – Nur Hidayati Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mengatakan pandemi Covid-19 semakin memunculkan solidaritas besar sehingga di masa normal baru nanti orang tidak bisa lagi hidup secara individualistis dan egois.

“Covid-19 menunjukkan bahwa kita bangsa yang rentan. Kita tidak tahu sampai kapan dapat bertahan, tidak tahu kecukupan bahan dasar kita sampai sejauh apa, dan harusnya itu bisa diubah,” kata Nur Hidayati dalam diskusi Membangun Kembali Indonesia Pascapandemi di Jakarta, yang dilaporkan Antara yang dikutip Suryanews.co.id, Selasa (19/5/2020).

Meski demikian ia mengatakan di masa pandemi justru terlihat solidaritas rakyat yang sangat besar yang sebenarnya juga membuat pemerintah kaget.

“Sebenarnya itu sudah lama ada, karena bencana hidrologis setiap tahun juga sudah jutaan dari mereka mengungsi”.

Maka, menurut dia, pemerintah perlu melihat solidaritas yang kembali muncul tersebut sebagai modal sosial yang harus dikembalikan semangatnya dan didukung sepenuhnya. Sehingga masyarakat tidak bisa lagi hidup individualistis yang disebabkan sistem ekonomi yang dianut saat ini.

Pada masa normal baru nanti, konsep Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia masih memakai tolok ukur pertumbuhan ekonomi, dan hal itu yang perlu diubah, ujar Nur Hayati.

“Tapi memang di tingkat masyarakat sudah melakukan ‘sustainable development’ yang harusnya di tataran negara, mereka tukar hasil panen yang bersifat solidaritas,” ujar dia.

Nur Hidayati mengatakan apa yang ingin dikembangkan adalah bibit solidaritas tersebut ada saat menghadapi krisis, dan tidak peduli lagi dengan apa yang dilakukan pemerintah.

“Saya pikir kita harus juga punya imajinasi leluasa, membayangkan masa depan kita ini seperti apa.

Jika memang tidak kompatibel, menurut dia, maka negara harus mencari titik temunya melalui dialog dan delibratif (Antara/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Usai Divaksin Covid-19, Rudi: Semoga Ekonomi Batam Pulih

  BATAM, Surya News - Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam disuntik vaksin Covid-19, Kamis (4/3/2021). Usai divaksin, Rudi langsung menuju Kantor Wali...

BMKG Sambut Positif Sinergitas dengan SRPB JATIM

  SIDOARJO, Surya News - Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim melakukan kunjungan resmi ke Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Stasiun...

Nasabah Asuransi Bumiputera Sulit Dapatkan Haknya, Ditreskrimum POLDA Kepri Akan Lakukan Penyelidikan

BATAM, Surya News - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri akan menindak lanjuti permasalahan yang dialami oleh nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Adapun masalah...

Mengaji Kebencanaan Bersama Pembina Santana

  LAMONGAN, Surya News - Arisan Ilmu Nol Rupiah yang dihelat Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim kali ini bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumber...

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

  SIDOARJO, Surya News - Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan...